Boxed-Width Version (true/false)

Rabu, 02 Februari 2022

thumbnail

Manipulasi Berkas Teks dan Library Matematika pada Python

 Manipulasi Berkas Teks dan Library Matematika pada Python

 

Manipulasi Berkas Teks

1. Membaca file di local computer

Pengolahan berkas teks pada Python tidak membutuhkan proses import dependencies lainnya seperti pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Untuk memanipulasi berkas teks pada bahasa pemrograman Python, mula-mula aku harus membuka/membuat berkas teks yang aku inginkan dengan menggunakan fungsi open(). Fungsi open() menerima 2 parameter, di mana parameter pertama merupakan nama dari file yang ingin dibuka/dibuat dan mode yang berkaitan dengan aksi yang ingin dilakukan terhadap file yang telah terbuka. Sebagai contoh:

file = open("hello.txt", "r")

Argumen/ parameter "r" mengartikan bahwa file yang akan dibuka berada dalam mode “read” sehingga nantinya aku tidak dapat menambahkan/ menuliskan ulang isi tulisan dari file “hello.txt”.

Perintah ini dapat digunakan untuk menutup file yang telah aku buka.

file.close()

 

Aku juga belajar bahwa selain mode "r" yang hanya digunakan untuk membaca file, terdapat juga mode lainnya seperti:

  1. w: write, mode ini dapat aku gunakan untuk menulis ke dalam sebuah berkas teks. Jika berkas tidak tersedia, maka Python akan secara otomatis membuat sebuah berkas baru dengan nama yang telah di spesifikasikan. Saat menulis dengan menggunakan mode ini, jika file semula tidak kosong, maka isi yang sebelumnya terdapat di dalam berkas akan terhapus.
  2. a: append, mode ini dapat aku gunakan untuk menambahkan isi dari sebuah berkas teks. Mode ini juga akan membuat sebuah berkas teks baru dengan nama yang telah kita spesifikasikan jika berkas teks tidak tersedia.
  3. w+: write+, mode ini dapat aku gunakan untuk membaca ataupun menuliskan isi dari sebuah berkas teks.
  4. a+: append+, mode ini dapat aku gunakan untuk membaca ataupun menambahkan isi dari sebuah berkas teks.

 

2. Membaca file dari url

Berkas teks yang berada di suatu alamat di internet dapat dibaca berdasarkan url-nya. Untuk membacanya aku perlu menggunakan library requests. File hello.txt yang aku temui di local komputer ku juga ada di url berikut https://storage.googleapis.com/dqlab-dataset/hello.txt

Akhirnya, aku dapat menggunakan kode berikut

import requests
url = "https://storage.googleapis.com/dqlab-dataset/hello.txt"
response = requests.get(url)
 
 

Membaca Berkas Teks – Part 1

Info: materi telah diperbarui pada tanggal 15 Oktober 2021. Pastikan kembali kode yang telah ditulis disesuaikan dengan tugas terbaru.

 

Setelah mempelajari bagaimana membuka/membuat sebuah berkas teks dalam Python, aku akan mempelajari sintaks untuk dapat membaca isi dari sebuah berkas. Untuk membaca isi dari sebuah teks aku dapat menggunakan potongan kode berikut.

Aku akan mengasumsikan baris-baris di bawah comment merupakan isi dari “hello.txt.

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks
Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah!

Note: Karena ada perubahan hosting file hello.txt yang tidak ditempatkan di direktori lokal sistem DQLab kamu dapat mempraktikkan bagian A1 dan A2 pada komputer kamu. Untuk itu file hello.txt dapat kamu unduh melalui https://storage.googleapis.com/dqlab-dataset/hello.txt

 

A1. Membaca file hello.txt dengan fungsi read() dan menutup file

Perintah ini aku gunakan untuk menutup berkas setelah selesai digunakan

Akan menghasilkan output:

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks
Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah!

Selain dapat membaca dan menampung isi dari sebuah berkas secara sekaligus menggunakan fungsi read(), aku juga dapat menggunakan fungsi readline() ataupun readlines() untuk membaca isi dari suatu berkas teks. Dengan menggunakan fungsi readline(), Python akan membaca konten dari sebuah berkas secara baris per baris, dimulai dari baris paling awal.

 

A2. Membaca file hello.txt dengan fungsi readline()

dengan menggunakan fungsi .readline() dapat aku gunakan untuk membaca isi dari file secara tersedia dalam berkas “hello.txt” baris per baris

perintah ini aku gunakan untuk menutup berkas setelah selesai digunakan

akan menghasilkan output:

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks

 

Tugas Praktik:

Well, aku sudah mempraktikkan membaca berkas teks secara lokal di komputer ku. Sekarang aku akan mencoba membaca berkas teks yang sama yang berada di url https://storage.googleapis.com/dqlab-dataset/hello.txt. Di code editor akupun mengetikkan perintah berikut

Aku akan mengecek apakah permintaan yang dilakukan melalui url dapat dipenuhi. Selanjutnya aku mengetikkan kode berikut

yang kemudian aku dapati hasil berikut di console

Ini apa ya? Akupun mencarinya melalui mesin pencari google dan melalui tautan https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_HTTP_status_codes saya dapatkan informasi bahwa kode status HTTP 200 adalah response OK dari url di mana file hello.txt disimpan.

Untuk mencetak isi berkas hello.txt yang telah dibaca dapat aku lakukan melalui potongan kode yang ditunjukkan berikut ini

Ketika aku jalankan maka aku memperoleh hasil di console seperti berikut ini

Sayangnya setelah aku amati terlihat bahwa hasilnya tidak sama dengan isi berkas hello.txt.

Membaca Berkas Teks – Part 2

Info: materi telah diperbarui pada tanggal 15 Oktober 2021. Pastikan kembali kode yang telah ditulis disesuaikan dengan tugas terbaru.

Fungsi readlines() akan mengembalikan sebuah list yang setiap elemennya merupakan setiap baris dalam sebuah berkas teks.

A1. Membaca file hello.txt dengan fungsi readlines()

Aku membuka kembali file “hello.txt

Dan membaca dengan fungsi readlines(),

Syntax ini akan menghasilkan output:

[“Kita sedang belajar Python”, “Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks”, 
“Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah!”]

 

A2. Membaca file hello.txt dengan menerapkan looping

Selain menggunakan fungsi-fungsi standar yang telah disediakan oleh Python, aku juga dapat membaca isi dari sebuah file secara baris per baris dengan menggunakan for loops. Simaklah contoh berikut ini dengan tetap membaca file dari “hello.txt

untuk setiap baris sebagai variabel line dalam berkas dengan nama variabel file

Akan menghasilkan output:

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks
Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah!

 

Tugas Praktik:

Aku menjadi penasaran dengan hasil yang telah aku dapatkan sebelumnya. Apakah ada method/attribut lain gak ya untuk mencetak isi dari berkas hello.txt di https://storage.googleapis.com/dqlab-dataset/hello.txt.

Akupun mencoba mengunakan atribut .text dari variabel response, seperti yang ditampilkan pada baris kedelapan.

Hasil dari perintah ini di console adalah

Waaw.... Penggunaan atribut .text menghasilkan isi berkas hello.txt sesuai dengan isi yang seharusnya.

Tips: Trik ini efektif digunakan ketika mengambil data melalui web scrapping.

 

Menulis Berkas Teks – Part 1

Untuk menuliskan isi dari suatu berkas, aku dapat menggunakan fungsi write() atau writelines() yang telah disediakan oleh Python. Sebelum masuk ke dalam contoh penggunaan fungsi write() atau writelines(), penting bagiku untuk mengingat bahwa mode yang aku spesifikasikan pada fungsi open() akan mempengaruhi bagaimana Python menuliskan isi ke dalam berkas teks. Jika aku menggunakan mode "w", maka Python akan menghapus seluruh isi dalam berkas sebelum menuliskan konten yang aku spesifikasikan.

Asumsikan baris-baris di bawah comment ini merupakan isi dari “hello.txt

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks
Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah!

 Tugas:

Perintah ini aku gunakan untuk membuka/membuat sebuah berkas teks

Untuk setiap baris sebagai variabel line dalam berkas dengan nama variabel file

 

Seusai program selesai dijalankan, baris-baris di bawah comment ini merupakan isi dari "hello.txt"

Sekarang kita belajar menulis dengan menggunakan Python
Menulis konten file dengan mode w (write).

 

Menulis Berkas Teks – Part 2

Ketika aku menulis pada berkas teks menggunakan mode "a", Python tidak akan menghapus isi dalam berkas dan hanya akan menambahkan konten. Aku mempelajari contoh berikut untuk memahami penggunaan fungsi write() dan writelines()

Tugas:

Pertama, aku mengasumsikan baris-baris di bawah comment ini merupakan isi dari “hello.txt

Kita sedang belajar Python
Tepatnya belajar memanipulasi berkas teks
Memanipulasi berkas dengan Python sangatlah mudah! 

Perintah ini aku gunakan untuk membuka/membuat sebuah berkas teks dengan menggunakan mode “a”, untuk menambahkan beberapa baris pada berkas teks setelah isi dari berkas awalnya

Aku menggunakan fungsi readlines

 

 

 

sumber:dqlab

 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured

advertise here

Cari Blog Ini

Fans Page

Unordered List

Fanspage

Most Recent Post

    Advertise Here

    banner

    Sample Text

    Text Widget

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    About Us

    About Us
    There are many variations of passages of Lorem Ipsum available.

    Ethereum Price

    Monday Tuesday Wednesday
    $402.89 $384.06 $396.34

    Facebook